blog

Pengawalan Ambulan di Bandung

pengawalan ambulan di bandung
image preview by : shutterstock
Apa yang dilakukan apabila mendengar sirine polisi atau ambulance? seharusnya apabila kita mengetahui dibelakang kita ada suara sirine baik itu dari polisi, pemadam kebakaran ataupun ambulance kita sebagai pengendar sebaiknya menepi dan memberikan jalan terlebih dahulu, Namun pada kenyataannya tidak semua kendaraan dengan cepat menepi ketika mendengar sirine atau melihat strobo merah biru, atau strobo merah saja, entah apa alasannya beberapa orang sulit sekali menepi. Mungkin beberapa kendaraan akan lebih cepat menepi ketika mendengar sirine polisi atau pemadam kebakaran, namun berbeda halnya apabila ambulance yang menyalakan sirine dan juga strobo, pengendara cenderung lebih lama memberikan jalan bahkan tak jarang ambulance harus sedikit bersabar untuk menyalip kendaraan di depannya.
Kejadian ambulance yang terlihat kesulitan mendapatkan jalan sudah beberapa kali saya lihat baik ketika berangkat kerja ataupun pulang kerja, ambulance harus rela ikut kena macet-macetan meskipun telah menyalakan strobo dan juga sirine, beberapa kali saya ingin mencoba membantu ambulance agar mendapatkan prioritas jalan, namun apa daya saya masih belum cukup berani untuk melakukan itu, hingga akhirnya pada suatu sore ketika saya pulang kerja saya mendenger suara sirine ambulance dengan kendaraan yang dipacu cukup cepat, namun beberapa kilometer didepan ambulance tersebut dengan terpaksa harus berjalan lambat karena kondisi jalan yang cukup padat efek jam pulang kerja. Beruntung lah ada sebuah motor didepan ambulance tersebut yang membantu membukakan jalan atau istilahnya memberikan pengawalan, sayangnya motor yang melakukan pengawalan itu kurang mendapat respon dari kendaraan lain, entah kenapa saya tiba-tiba merasa terpanggil untuk membantu pengendara tersebut membuka jalan untuk ambulance terlebih motor saya sudah di pasang lampu sorot yang memiliki mode kedip seperti strobo, tanpa fikir panjang saya berusaha mendahului ambulance dibalik kemacetan jalan pasteur kota bandung, dengan sedikit kesabaran dan usaha yang kuat mencari celah akhirnya saya berhasil mendahului ambulance dan membantu pengendara tadi untuk membuka jalan bagi ambulance, dengan lampu sorot yang saya nyalakan dengan mode kedip dan klakson yang beberpa kali saya tekan akhirnya beberapa kendaraan lain bisa menepi juga dan ambulance dapat berjalan cukup lancar, namun hebatnya beberapa kendaraan lain tiba-tiba saja ikut bergabung membantu pengawalan ambulance bersama saya dan pengendara yang sudah sejak awal mengawal, seingat saya ada 5 motor yang ikut bergabung membukakan jalan untuk ambulance hingga menuju gerbang pintu tol pasteur.

pengawalan ambulan di bandung
ilustrasi ambulance image by : pixabay
Pada saat pengawalan ini ada rasa bangga dan juga sedikit kecewa, rasa bangga saya dapatkan karena setidaknya saya sebagai pengendara bisa membantu korban yang ada di dalam ambulance atau orang yang sedang menunggu datangnya ambulance untuk mencapai tujuan dengan lebih cepat dibalik kemacetan kota besar ini, namun ada juga rasa kecewa yang saya rasakan adalah karena beberapa kendaraan seperti tidak acuh terhadap adanya suara sirine ambulance, berbeda dengan negara lain yang sudah sangat mengerti apa yang harus dilakukan apabila ada suara sirine ambulance, saya melihat sebuah video di youtube dimana pengendara segera menepi dan memberikan jalan untuk ambulance, pedahal ambulance tersebut masih berjarak cukup jauh dibelakang namun sebagian jalan sudah dikosongkan untuk dilalui ambulance.

Semoga kita sebagai pengendara bisa lebih peduli apabila mendengar suara sirne ambulance yang lewat, karena bisa jadi jalannya sebuah mobil ambulance menentukan juga nyawa seseorang yang sedang membutuhkan penanganan cepat.

About Adi Rahman

0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan komentar kamu disini yuk

Diberdayakan oleh Blogger.